Jangan Khawatir Dengan Breakout!

18 Juni 2019

Hai beauties!

Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Bukan saja karena merusak penampilan, breakout yang tidak ditangani dengan tepat juga memerlukan waktu yang lama untuk benar-benar hilang. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Breakout?
Breakout merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam suatu produk makeup atau skin care. Breakout biasanya timbul dalam bentuk iritasi kulit yang disertai dengan gejala kulit kemerahan, jerawat, dan juga komedo. Namun kalian perlu hati-hati dalam menyimpulkan gejala tersebut sebagai breakout ya beauties. Hal ini karena gejala breakout sangat mirip dengan gejala purging yang merupakan kebalikan dari breakout itu sendiri.

Secara singkat, purging merupakan hasil dari pembersihan mendalam yang dilakukan oleh suatu produk skin care. Bahan aktif yang terkandung dalam produk skin care tersebut membersihkan kotoran yang terjebak di bagian dalam kulit dan membawanya ke permukaan kulit, sehingga timbullah jerawat dan juga komedo. Perbedaan sederhana antara breakout dengan purging dapat dilihat dari lama waktu berlangsungnya. Breakout biasanya berlangsung selama lebih dari dua minggu, sedangkan purging hanya berlangsung selama satu hingga dua minggu saja.

Bagaimana Memperlakukan Wajah Breakout?

1. Atur pola makan.
Walaupun secara sekilas terlihat tidak berhubungan, namun pola makan yang baik ternyata mampu menunjang proses detoksifikasi alami dalam tubuh sehingga racun dalam kulit pun dapat terbuang dengan maksimal. Perbanyaklah konsumsi air putih, khususnya setelah bangun tidur, dan hindari konsumsi produk gula, susu, dan lemak secara berlebihan.

2. Singkirkan produk penyebab breakout.
Jika sudah jelas menyebabkan breakout, jangan sekali-kali untuk tetap menyimpan dan memakainya, sekalipun harganya mahal! Ada baiknya kamu memberikan produk tersebut ke orang lain yang mungkin cocok menggunakannya.

3. Hindari penggunaan makeup.
Tak ada satu pun produk makeup yang tak mengandung bahan kimia. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu menghindari pemakaian makeup untuk sementara waktu hingga breakout-mu benar-benar sembuh. Jika kamu benar-benar membutuhkannya, gunakanlah seminimal mungkin dan gunakanlah produk makeup yang aman bagi kulit breakout, seperti bedak bayi misalnya.

4. Bersihkan wajah dengan sabun yang ringan.
Wajah yang breakout beresiko teriritasi lebih parah jika bersentuhan dengan produk yang berbahan keras. Oleh sebab itu, dalam membersihkan wajah pun kalian harus menggunakan produk berbahan ringan. Sabun bayi dapat menjadi salah satu opsi terbaik bagi kalian.

5. Gunakan obat jerawat.
Perawatan wajah breakout yang selanjutnya adalah dengan menggunakan obat jerawat. Hal ini untuk menyembuhkan jerawat secara lebih cepat. Obat jerawat yang bisa menjadi pilihanmu adalah obat jerawat dengan kandungan tea tree oil, benzoil peroksida, atau asam salisilat.

Bisakah Tekstur Wajah Kembali Normal?
Setelah mengalami breakout yang parah, ada kemungkinan tekstur kulit wajah kita menjadi sedikit rusak. Entah oleh karena iritasi atau karena jerawat yang timbul. Namun kalian tak perlu khawatir, dengan perawatan yang tepat dan yang dilakukan secara rutin, tekstur kulit wajah yang rusak akibat breakout dapat kembali normal seperti semula. Kuncinya adalah tekun. Gunakan serum ataupun vitamin kulit untuk menunjang proses penyembuhan kulit. Dengan demikian kulit kalian pun akan kembali normal dengan lebih cepat. So, nggak takut lagi kan dengan breakout? Stay beauty with dunia kecantikan ya beauties!



Baca juga
  »
23 Juli 2019
SEBELUM TERLAMBAT CEGAH KERIPUT DIWAJAHMU SEKARANG JUGA !
Salah satu efek dari penuaan adalah kerutan pada wajah. Kerutan pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri karena penampilan yang tidak menarik. Kerutan mungkin tidak bisa dihindari sama sekali, tetapi mencegah agar tidak timbul kerutan dini wajib dilakukan.Kerutan bisa terjadi karena berkurangnya jumlah dan fungsi serat kolagen dan elastin yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi kenyal.

  »
22 Juli 2019
PENYEBAB JERAWAT YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENEMUKAN SOLUSI
Kebanyakan orang lebih berfokus pada perawatan wajah berjerawat tanpa mencari tahu terlebih dahulu faktor penyebabnya. Padahal, dengan mengetahui penyebab jerawat, kita bisa menentukan perawatan yang lebih tepat dan efektif bagi jerawat itu sendiri.

  »
12 Juli 2019
RAMUAN MASKER BERBAHAN DASAR SODA KUE YANG AMPUH BASMI JERAWAT
banyak orang telah meramu soda kue menjadi ramuan yang ampuh dalam merawat kecantikan kulit, salah satunya adalah untuk menangani masalah jerawat.

  »
9 Juli 2019
DIY MASKER 100% ALAMI
salah satu produk perawatan kecantikan yang mulai digemari masyarakat adalah masker wajah. Berbagai masker wajah keluaran brand-brand ternama mulai merajai pasar kosmetika. Masker yang mengklaim dirinya sebagai masker berbahan dasar alami dan aman bagi kulit ini nyatanya sempat booming dan menjadi tren di kalangan perempuan.

  »
5 Juli 2019
BERBAGAI TREATMENT UNTUK MENGHILANGKAN BULU KAKI – DARI MANUAL HINGGA BERTEKNOLOGI
Pada umumnya, perempuan lebih menyukai kaki yang bersih dari bulu sehingga terlihat lebih halus dan indah. Begitu pula kaum lelaki, mereka lebih menyukai kaki yang jenjang dan bersih dari bulu

  »
3 Juli 2019
PENYEBAB DAN CARA MENGATASI FLEK HITAM
Flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang muncul pada permukaan kulit. Bintik-bintik gelap ini pada umumnya berbentuk datar, alias tidak menonjol ke permukaan kulit. Walaupun disebut sebagai flek hitam