Pola Makan Diet Sehat Yang Wajib Anda Coba

10 Mei 2019

Diet Sehat

Pola makan adalah kunci utama bagi setiap orang yang menjalankan diet sehat. Seringkali karena ingin cepat menurunkan berat badan, banyak orang menjadi tidak sabar dan melakukan hal-hal yang ekstrim seperti menjalani operasi dan mengonsumsi obat-obatan pelangsing. Mereka berpikir dengan cara seperti itu akan cepat terlihat langsing, meskipun harus menghabiskan dana cukup banyak.

Padahal dengan mengatur pola makan sehat, Anda bisa menurunkan berat badan secara aman dan alami. Berikut ini adalah pola makan diet sehat yang wajib Anda coba, rekomendasi dari dr. Oz Indonesia.

Pola makan diet sehat akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pada minggu ke 1 – 3 adalah diet rendah karbohidrat, sedangkan pada minggu ke-4 pola makan diet diubah lagi menjadi normal.

Mulai Diet

  • Pola makan diet sehat minggu ke 1 – 3 : Diet rendah karbohidrat

Makan pagi

Disarankan untuk makan pagi, Anda mengonsumsi 1 telur rebus atau omelet telur yang dipadukan dengan oatmeal atau gandum sebanyak 1 mangkuk. Sedangkan untuk minuman, Anda boleh mengonsumsi susu yang tinggi protein tetapi rendah lemak dan gula. Jika Anda masih merasa lapar pada pagi hari, boleh diselingi dengan cemilan 2 atau 3 tahu/tempe, sedangkan buahnya cukup 1 buah apel atau jeruk saja.

Makan siang

Saat jam makan siang tiba, Anda dapat mencoba makanan berat seperti nasi dari beras merah cukup 9 sendok makan saja. Sedangkan lauknya adalah 150 gram daging ayam atau jika tidak suka bisa diganti dengan daging sapi atau daging ikan tanpa lemak. Tambahkan sayuran setengah mangkuk saja.

Cemilan sore

Untuk cemilan sore, Anda dapat mengonsumsi 1 potong daging atau ikan panggang. Jika tidak suka, cukup 1 – 2 tahu atau tempe saja.

Makan malam

Untuk makan malam, pola makan diet sehat yang wajib Anda coba adalah 200 gram daging ayam bagian dada atau ikan atau daging sapi tanpa lemak. Jika masih merasa lapar pada malam hari, minumlah susu tinggi protein (whey protein) namun tetap rendah lemak dan gula.

Diet

  • Pola makan diet sehat minggu ke – 4 : Diet normal karbohidrat

Makan pagi

Untuk minggu ke-4, makan pagi sudah mulai normal tetapi dengan takaran tertentu, misalnya sarapan pagi dengan 1 telur rebus atau omelet telur, kemudian ditambah 2 roti gandum atau 1 mangkok oatmeal serta tambahkan susu tinggi protein yang rendah lemak dan gula. Cemilan tetap sama yaitu 3 potong tempe atau tahu saja ditambah 1 buah apel atau jeruk.

Makan siang

Untuk siang hari, Anda boleh makan makanan yang berat tetapi harus tetap dibawah kontrol. Seperti makan nasi merah atau nasi coklat sebanyak 16 sendok makan dan lauk berupa dada ayam sebanyak 150 gram saja. Jangan lupa tambahkan sayuran, karena sayur hijau sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Cemilan sore hari

Ketika Anda merasa lapar di sore hari, Anda boleh mengonsumsi 1 potong roti gandum dan ½ mangkuk oatmeal saja.

Makan malam

Usahakan Anda sudah selesai makan malam 2 jam sebelum waktu tidur. Ini untuk menghindari naiknya asam lambung akibat tidur dengan perut kenyang. Menu malam hari adalah daging ayam atau ikan atau bisa juga daging sapi rendah lemak sebanyak 100 gram. Untuk nasi, bisa mengonsumsi nasi merah sebanyak 8 sampai 9 sendok makan saja. Sedangkan cemilan malam hari, cukup susu tinggi protein yang rendah lemak dan gula dan 1 buah apel atau jeruk.

Demikian pola makan diet sehat yang wajib Anda coba. Perlu diingat, keberhasilan program diet bergantung pada usaha keras dan disiplin diri sendiri dalam mencapai tujuan. Semoga bermanfaat.



Baca juga
  »
24 Mei 2019
Tips Cermat Memilih Tas Impor
Tas impor seolah tidak ada habisnya diburu oleh wanita terutama dari kalangan atas. Setiap model terbaru dari merk impor pasti menjadi rebutan. Tas impor memang memiliki kelas tersendiri sehingga si konsumen pun dipastikan akan membeli, tidak peduli berapapun harganya. tapi anda juga harus cermat dalam memilih tas impor yang benar-benar asli atau yang palsu. yuk simak beberapa tips ini agar kamu tepat memilih tas yang asli !!

  »
23 Mei 2019
Pakai High Heels Seharian Tanpa Rasa Sakit? Ini Triknya!
High heels memang salah satu fashion item yang wajib dimiliki wanita. High heels mampu membuat postur tubuh seorang wanita tampak sempurna. Namun sayangnya, banyak wanita mengeluhkan rasa sakit pada kaki karena mengenakan high heels dalam rentang waktu lama. Seperti kram dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

  »
22 Mei 2019
Mengenal Diet Karbohidrat Dan Manfaatnya
Saat ini banyak sekali bermunculan cara-cara untuk menurunkan berat badan atau diet, dan salah satu cara yang sedang populer adalah diet karbohidrat. Sebagian orang mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga ke batas ideal, namun beberapa ahli mengatakan bahwa diet karbohidrat justru mengacaukan sistem metabolisme. Mana yang benar?

  »
21 Mei 2019
Tips Memilih Tas Wanita Untuk Ke Kantor
memilih tas yang serasi dengan penampilan berlaku juga untuk wanita karir. Pekerjaan sepanjang hari di kantor tidak menghalanginya untuk tetap tampil fashionable. Bahkan tas kantor diyakini dapat menambah rasa percaya diri si pemakai. Tapi kuncinya, para wanita harus tahu bagaimana memilih tas wanita yang tepat untuk ke kantor. Penasaran bagaimana tips memilihnya? Simak berikut ini yuk!

  »
20 Mei 2019
Hindari Ini Agar Celana Jeans Anda Tak Cepat Rusak
Celana jeans memang sangat digemari oleh berbagai kalangan saat ini, banyak orang yang menyimpan bahkan mengoleksi celana jeans sesuai dengan event yang akan dihadiri. padahal sebenarnya anda tidak perlu memiliki banyak celana jeans kok, cukup beberapa potong saja, asal dirawat dengan tepat, celana jeans Anda akan tetap terlihat awet seperti baru. Berikut beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan pada jeans, agar tak cepat rusak !!

  »
18 Mei 2019
Cantik Dengan Terapi Sengat Lebah, Berani Coba?
Apa bayanganmu mendengar kalimat terapi sengat lebah? Pasti yang terbayang rasa ngeri karena sakit akibat sengatan. Meski banyak yang menggunakan terapi ini termasuk beberapa selebriti terkenal, nyatanya terapi sengat lebah masih menimbulkan pro dan kontra karena efek sampingnya membuat wajah bengkak sesaat. Lalu apa saja sih khasiat dari terapi sengat lebah ini? Yuk simak ulasan berikut ini !!