Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membersihkan Wajah

9 Mei 2019

membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah hal yang wajib dilakukan khususnya oleh para wanita. Biasanya membersihkan wajah rutin dilakukan sebelum tidur untuk menghilangkan sisa-sisa make up seharian yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Namun sayangnya, banyak wanita yang tidak tepat dalam membersihkan wajah sehingga bukannya mendapatkan wajah yang halus dan bersih, tetapi justru terjadi iritasi dan kemerahan pada kulit wajah.

Apa sih kesalahan yang dilakukan wanita saat membersihkan wajah? Simak 5 kesalahan saat membersihkan wajah berikut ini, yuk.

1. Menggunakan 2 in 1 make up remover
Sebagian orang mengira 2 in 1 make up remover akan membantu membersihkan make up dengan tuntas dan mempersingkat waktu. Padahal kenyataannya 2 in 1 make up remover tidak cocok dengan semua jenis kulit. Apalagi jika kulit Anda tergolong sensitif atau berjerawat. Karena itu sebaiknya pilih make up remover yang mengandung minyak untuk membersihkan sekitar mata dan wajah. Lalu lanjutkan dengan menggunakan sabun cuci muka tanpa busa untuk membersihkan pori-pori lebih maksimal lagi.


Jika kulit Anda sensitif perhatikan kandungan make up remover yang akan Anda gunakan. Ada baiknya pilih pembersih make up yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif atau berjerawat sehingga tetap aman saat digunakan.

2. Menggosok area mata terlalu keras
Kulit sekitar mata umumnya lebih tipis dari kulit wajah lainnya, sehingga Anda harus lebih berhati-hati membersihkannya. Menggosok area mata terlalu keras justru akan membuat iritasi, kemerahan dan rasa perih pada kulit mata. Karenanya gosok area mata secara perlahan saat membersihkan sisa make up dan maskara.


Anda juga bisa melakukan cara mudah seperti menempelkan kapas yang telah dibasahi dengan make up remover pada mata selama beberapa menit hingga make up dan maskara menempel pada kapas. Selanjutnya baru gosok satu arah secara lembut pada area mata untuk menghilangkan sisa-sisa make upnya.

3. Tidak menggunakan toner
Banyak wanita yang lupa menggunakan toner setelah membersihkan wajahnya dengan make up remover. Padahal toner adalah bagian dari pembersih wajah yang tidak terpisahkan karena berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa make up yang masih menempel, menjaga kelembaban kulit serta mengembalikan keseimbangan pH. Untuk itu, jangan lupa gunakan toner setelah kulit dibersihkan dengan cara menepuk-nepuk kapas yang telah dibasahi toner secara perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah.

    4. Tidak membaca kandungan produk dengan cermat
    Kebanyakan wanita mudah tergiur dengan harga produk yang murah atau karena produk tersebut digunakan oleh orang terkenal. Padahal tidak semua bahan make up cocok dengan jenis kulit tertentu. Sebaiknya baca dengan cermat kandungan produk sebelum membeli dan menggunakannya. Siapa tahu ada kandungan yang membuat kulit Anda iritasi dan harus dihindari.


    Misalnya bahan alkohol, sulfat dan parabens yang justru menghilangkan minyak alami pada kulit dan membuat kulit Anda kering. Atau produk kecantikan yang mengandung parfum yang dapat menimbulkan iritasi atau alergi dan sebagainya.


    5. Berlebihan dalam mengeksfoliasi wajah
    Tak jarang membersihkan wajah juga diikuti dengan melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati. Cara ini membuat wajah lebih segar dan terhindar dari kulit kusam. Namun banyak wanita terlalu berlebihan dalam mengeksfoliasi wajah sehingga membuat lapisan kulit luar mengelupas dan menimbulkan iritasi serta kemerahan. Sebaiknya lakukan eksfoliasi pada wajah maksimal seminggu dua kali untuk menghindari penipisan kulit dan iritasi yang mengganggu penampilan.


    Itulah 5 kesalahan saat membersihkan wajah yang wajib Anda hindari. Lakukan pembersihan wajah dengan lembut dan menggunakan produk-produk yang sesuai dengan kulit agar tidak lagi terjadi reaksi alergi atau iritasi yang merugikan.



    Baca juga
      »
    23 Juli 2019
    SEBELUM TERLAMBAT CEGAH KERIPUT DIWAJAHMU SEKARANG JUGA !
    Salah satu efek dari penuaan adalah kerutan pada wajah. Kerutan pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri karena penampilan yang tidak menarik. Kerutan mungkin tidak bisa dihindari sama sekali, tetapi mencegah agar tidak timbul kerutan dini wajib dilakukan.Kerutan bisa terjadi karena berkurangnya jumlah dan fungsi serat kolagen dan elastin yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi kenyal.

      »
    22 Juli 2019
    PENYEBAB JERAWAT YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENEMUKAN SOLUSI
    Kebanyakan orang lebih berfokus pada perawatan wajah berjerawat tanpa mencari tahu terlebih dahulu faktor penyebabnya. Padahal, dengan mengetahui penyebab jerawat, kita bisa menentukan perawatan yang lebih tepat dan efektif bagi jerawat itu sendiri.

      »
    12 Juli 2019
    RAMUAN MASKER BERBAHAN DASAR SODA KUE YANG AMPUH BASMI JERAWAT
    banyak orang telah meramu soda kue menjadi ramuan yang ampuh dalam merawat kecantikan kulit, salah satunya adalah untuk menangani masalah jerawat.

      »
    9 Juli 2019
    DIY MASKER 100% ALAMI
    salah satu produk perawatan kecantikan yang mulai digemari masyarakat adalah masker wajah. Berbagai masker wajah keluaran brand-brand ternama mulai merajai pasar kosmetika. Masker yang mengklaim dirinya sebagai masker berbahan dasar alami dan aman bagi kulit ini nyatanya sempat booming dan menjadi tren di kalangan perempuan.

      »
    5 Juli 2019
    BERBAGAI TREATMENT UNTUK MENGHILANGKAN BULU KAKI – DARI MANUAL HINGGA BERTEKNOLOGI
    Pada umumnya, perempuan lebih menyukai kaki yang bersih dari bulu sehingga terlihat lebih halus dan indah. Begitu pula kaum lelaki, mereka lebih menyukai kaki yang jenjang dan bersih dari bulu

      »
    3 Juli 2019
    PENYEBAB DAN CARA MENGATASI FLEK HITAM
    Flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang muncul pada permukaan kulit. Bintik-bintik gelap ini pada umumnya berbentuk datar, alias tidak menonjol ke permukaan kulit. Walaupun disebut sebagai flek hitam