Karena Pakai Lensa Kontak 14 Jam, Pria Ini Hampir Buta

12 April 2019

Sebagian orang merasa lebih nyaman menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Bahkan meski tidak mengalami masalah apa-apa pada mata, beberapa orang menggunakan lensa kontak untuk memperindah penampilannya. Tak heran jika lensa kontak menjadi salah satu item wajib untuk siapa saja yang ingin tampil gaya.

Namun, pemakaian lensa kontak tentu ada aturannya. Pemakaian lensa dalam jangka waktu lama sangat tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan masalah pada mata bahkan hampir buta sebagaimana yang dialami Andy James, pria 32 tahun ini.

Diberitakan karena memakai lensa kontak selama 14 jam, kondisi mata James hampir mengalami kebutaan. Kebiasaan buruk ini bahkan dilakukan James setiap hari! Beberapa hari lalu, mata James terasa sangat sakit, merah dan berair. Kepala bagian belakang James juga terasa sangat nyeri seperti tertusuk jarum. Karena kondisi yang tak tertahankan, James akhirnya dibawa ke Rumah Sakit setempat untuk mendapat perawatan intensif.

Fakta mengerikan dikabarkan oleh dokter David Allamby yang menangani kondisi James. Ternyata mata James mengalami luka yaitu 6 luka di mata sebelah kiri dan 5 luka di mata sebelah kanan akibat pemakaian lensa kontak terus menerus dalam jangka waktu lama. Jika tidak segera ditangani, kemungkinan besar James akan mengalami kebutaan.

Kisah James ini dibagikan ke media sosial untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya pemakaian lensa kontak tanpa ingat waktu termasuk tidak menjaga kebersihannya. Bahkan sebuah survey baru-baru ini menyebutkan bahwa 99% dari 1000 orang dewasa pemakai lensa kontak telah melanggar aturan pakai lensa kontak tersebut. Mereka mengaku tidak mencopot lensa kontak pada saat tidur siang, dan sebagian lagi menyatakan masih menggunakan lensa kontak pada saat tidur malam. Padahal pemakaian tidak benar ini dapat beresiko fatal dan membahayakan mata.

Cara Aman Menggunakan Lensa Kontak

Jika Anda belum tahu bagaimana cara menggunakan lensa kontak secara aman agar terhindar dari efek fatalnya, berikut ini yang harus Anda perhatikan :

  • Konsultasi pada dokter

Sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak, Anda wajib berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan bahwa Anda boleh memakai lensa kontak. Karena tidak semua orang cocok menggunakan lensa kontak, bisa jadi mata Anda cenderung sensitif dan mudah iritasi terhadap bahan yang terkandung dalam lensa kontak. Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mata, agar terhindar dari infeksi, alergi atau kerusakan mata lebih jauh.

  • Pilih lensa kontak berkualitas

Dalam memilih lensa kontak, sebaiknya Anda perhatikan juga kualitas bahannya. Jangan hanya tergiur dengan harga murah namun mengandung bahan yang dapat mengiritasi mata. Lebih baik cari tahu kualitasnya dan dengarkan review dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan sebelumnya.

  • Jaga kebersihan

Saat memakai lensa kontak atau melepasnya, pastikan bahwa tangan Anda benar-benar bersih. Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun anti kuman. Pastikan pula Anda tidak memiliki kuku panjang, karena kuku panjang dapat menjadi sarang kuman dan mungkin saja menggores permukaan lensa kontak. Setelah selesai menggunakan lensa, jangan lupa bersihkan dan rendam dalam cairan lensa kontak dengan cairan khusus yang telah disediakan.

  • Perhatikan waktu pemakaian

Ingat, jangan gunakan lensa kontak lebih dari 8 jam sehari. Karena pemakaian dengan jangka waktu lama dapat menyebabkan bakteri berkembang di dalamnya. Lepaskan lensa kontak jika mata Anda mulai terasa tidak nyaman, serta perhatikan tanggal kadaluarsa yang terdapat pada kemasan lensa. Segera ganti lensa kontak baru jika sudah melewati jangka waktu layak pakai.

  • Lepaskan lensa kontak saat berenang atau saat tidur

Ini sangat penting diperhatikan, selelah apapun Anda, jangan lupa untuk melepaskan lensa kontak ketika Anda tidur siang atau tidur malam. Lensa yang digunakan seharian bahkan saat tidur dapat menjadi sarang virus dan bakteri yang membahayakan bola mata.

Lepaskan lensa kontak juga saat Anda mandi atau berenang. Air pada kolam renang mengandung zat-zat kimia yang dapat mempengaruhi lensa. Ini akan berakibat buruk pada mata karena dapat menyebabkan infeksi, iritasi bahkan kebutaan. Gunakan lensa kontak hanya saat Anda di luar rumah, dan lepaskan kembali ketika Anda sudah tiba di rumah.

Itu tadi cara yang harus Anda lakukan dalam menggunakan lensa kontak agar apa yang dialami James tidak menimpa Anda juga. Semoga bermanfaat!



Baca juga
  »
12 Juli 2019
RAMUAN MASKER BERBAHAN DASAR SODA KUE YANG AMPUH BASMI JERAWAT
banyak orang telah meramu soda kue menjadi ramuan yang ampuh dalam merawat kecantikan kulit, salah satunya adalah untuk menangani masalah jerawat.

  »
9 Juli 2019
DIY MASKER 100% ALAMI
salah satu produk perawatan kecantikan yang mulai digemari masyarakat adalah masker wajah. Berbagai masker wajah keluaran brand-brand ternama mulai merajai pasar kosmetika. Masker yang mengklaim dirinya sebagai masker berbahan dasar alami dan aman bagi kulit ini nyatanya sempat booming dan menjadi tren di kalangan perempuan.

  »
5 Juli 2019
BERBAGAI TREATMENT UNTUK MENGHILANGKAN BULU KAKI – DARI MANUAL HINGGA BERTEKNOLOGI
Pada umumnya, perempuan lebih menyukai kaki yang bersih dari bulu sehingga terlihat lebih halus dan indah. Begitu pula kaum lelaki, mereka lebih menyukai kaki yang jenjang dan bersih dari bulu

  »
3 Juli 2019
PENYEBAB DAN CARA MENGATASI FLEK HITAM
Flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang muncul pada permukaan kulit. Bintik-bintik gelap ini pada umumnya berbentuk datar, alias tidak menonjol ke permukaan kulit. Walaupun disebut sebagai flek hitam

  »
1 Juli 2019
MENCEGAH DAN MENGATASI MASALAH KULIT KUSAM DENGAN CEPAT
Kulit yang kusam membuat tampilan wajah kita terkesan tidak fresh, bahkan sebagian perempuan merasa tampilan wajahnya terlihat lebih gelap akibat kulit wajah yang kusam.

  »
28 Juni 2019
TIGA BAHAN ALAMI PENGUSIR BAU BADAN TIDAK SEDAP
Banyaknya kadar keringat yang keluar dari tubuh kita seringkali merusak penampilan kita. Tak hanya membuat rambut menjadi lepek atau wajah menjadi berminyak, namun juga membuat bau badan kita menjadi tidak sedap. Bau badan yang tidak sedap tentu juga akan mengganggu orang-orang di sekeliling kita bukan?